Irish Water Spaniel

Irish Water Spaniel

Meskipun ia disebut spaniel, Irish Water Spaniel pada dasarnya adalah water retriever dan memiliki reputasi sebagai anjing pemburu di antara mereka yang tahu. IWS adalah anjing yang menyenangkan dan menarik, tidak diragukan lagi, tetapi tingkat energinya yang tinggi dan potensi masalah kesehatan adalah faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mendapatkannya.

IWS memiliki banyak manfaat baginya: kepribadian, kemampuan latih dan mantel yang lembut. Ia cerdas, responsif, dan aktif. Dia anjing olahraga yang khas dalam kecintaannya pada keluarga dan alam yang menyenangkan orang. IWS tidak membeda-bedakan dalam kasih sayangnya. Ia cenderung dilindungi di sekitar orang asing dan kadang-kadang pemalu atau mudah ketakutan. Sosialisasi awal dan sering adalah suatu keharusan. IWS yang normal tidak boleh malu atau agresif.

Seperti kebanyakan anjing, Irish Water Spaniels menjadi bosan ketika dibiarkan sendiri. Mereka dapat dengan mudah menjadi berisik atau merusak jika mereka tidak memiliki anjing lain untuk menemani mereka dan tidak menerima banyak perhatian dari orang-orang mereka. Seekor anjing yang suka orang-orang seperti Irish Water Spaniel perlu tinggal di rumah. Itu adalah IWS yang tidak bahagia yang dipindahkan ke halaman belakang dengan sedikit atau tanpa pertemanan manusia. Tetapi ketika IWS tinggal bersama sebuah keluarga yang rela menghabiskan banyak waktu melatih dan melatihnya, ia berkembang.

Fakta Cepat Lainnya

Di antara karakteristik yang membedakan IWS adalah jambul ikal panjang dan longgar; mantel keriting, berwarna hati; dan “ekor tikus” yang halus, yang tidak berambut kecuali pada pangkal di mana ia ditutupi selama dua hingga tiga inci dengan ikal. Wajah sepenuhnya halus dan kaki berselaput di antara jari-jari kaki.
Ketika kaki Irish Water Spaniel dikondisikan dengan benar, bantalan yang keras memungkinkan anjing untuk pergi ke rumput gergaji tajam atau batu sungai tanpa cedera.

Sejarah Irish Water Spaniel

IWS adalah salah satu ras yang konon memiliki sejarah kuno, konon berasal dari Zaman Batu atau Zaman Perunggu, berdasarkan tengkorak anjing yang ditemukan oleh para arkeolog di lokasi di Irlandia dan di tempat lain di Eropa. Yang benar adalah bahwa meskipun mungkin ada anjing yang menyerupai IWS selama berabad-abad, kami tidak benar-benar tahu banyak tentang permulaan mereka. Trah yang kita kenal saat ini adalah, seperti kebanyakan trah, perkembangan yang lebih baru.

Menyebutkan spaniel berekor halus dari Irlandia termasuk hadiah dari spymaster Ratu Elizabeth I, Sir Robert Cecil kepada Raja Prancis pada 1598. Sebuah buku yang diterbitkan pada 1607, Historie of Four-Footed Beastes, menggambarkan “spagnel air” dengan rambut panjang, kasar, keriting, dan ekor telanjang. Satu setengah abad kemudian, seorang Kapten Thomas Brown berkomentar di telinga panjang Irish Water Spaniel dan tekstur mantelnya yang keriting dan keriting.

Anjing yang memiliki klaim terbaik untuk menjadi Spaniel Air Irlandia modern pertama bernama Boatswain. Dia hidup dari tahun 1834 hingga 1852, umur yang sangat panjang untuk saat itu, dan menjadi bapak banyak berburu dan menunjukkan anjing. Peternaknya adalah seorang pria bernama Justin McCarthy, tetapi silsilahnya tidak diketahui. Boatswain mencap trah ini dengan tampilan tertentu, dan putranya Jack, lahir pada tahun 1849, muncul di banyak silsilah awal. Rake, salah satu keturunan Boatswain, lahir pada tahun 1864, dan dalam sebuah fotonya kita mulai melihat seperti apa nantinya keturunan itu.

The American Kennel Club mengakui IWS pada tahun 1884. Irish Water Spaniel saat ini berada di peringkat ke-148 di antara breed yang terdaftar oleh AKC.