Lagotto Romagnolo

Lagotto Romagnolo (diucapkan la-goh-toe ro-man-yo-lo) berasal dari pemungut air Italia yang kemudian digunakan untuk mencari truffle. Bulu keritingnya yang tebal memiliki tekstur yang tebal dan menutupi seluruh tubuhnya, termasuk wajahnya. Dia tidak banyak menumpahkan, tetapi membutuhkan pemangkasan yang teratur.

Sesuai dengan warisannya sebagai anjing yang bekerja, ia sangat energik. Menyeimbangkan tingkat aktivitas tinggi Lagotto adalah sifat yang penuh kasih sayang dan dapat ditelusuri. Ia umumnya mudah dilatih dan cukup waspada untuk membuat anjing penjaga yang baik.

Berkat indra penciumannya yang tajam, Lagotto sangat cocok untuk olahraga anjing, seperti operasi hidung dan pelacakan, dan ia juga biasanya dapat melakukan dengan baik dalam kelincahan, bola terbang, kepatuhan dan reli. Bukan hal yang aneh baginya untuk menikmati berenang juga. Anjing yang energik ini akan berkembang dengan berjalan kaki setiap hari atau latihan aktif lainnya.

Lagotti (jamak) yang cerdas dan bahagia melakukan yang terbaik dengan keluarga yang dapat memberi mereka banyak persahabatan, olahraga, dan pelatihan. Lagotti setia, lebih suka anggota keluarga daripada orang asing, tetapi tidak boleh pemalu atau agresif.
Fakta Cepat

Mantel Lagotto bisa berwarna putih pucat, putih dengan bercak coklat atau oranye, roan coklat, berbagai warna cokelat pekat, dengan atau tanpa putih, atau oranye, dengan atau tanpa putih. Beberapa anjing memiliki topeng cokelat atau tanda-tanda cokelat.
Lagotto adalah satu-satunya anjing yang dibiakkan khusus untuk berburu truffle.
Anjing menyerupai Lagotti muncul dalam lukisan yang berasal dari abad ke-15.

Sejarah Lagotto Romagnolo

Lagotto adalah retriever air yang berasal dari Italia. Anjing berlapis keriting pertama kali digunakan untuk mengambil unggas air di rawa-rawa dan laguna. Bahkan, dalam dialek Romagna (wilayah historis dari mana trah itu mengambil namanya, sekarang bagian dari Emilia Romagna), kata-kata “Càn Lagòt” berarti “anjing air.”

Belakangan, petani dan pemilik tanah mulai menggunakan anjing-anjing itu untuk mencari truffle – bukan jenis cokelat, tetapi jamur yang sangat dihargai oleh koki. Indera penciuman yang tajam dari anjing dan mantel yang melengkung ketat membuat mereka ideal untuk tujuan berburu truffle di hutan berhutan dan berduri selama musim gugur dan musim dingin.

Namun, pada tahun 1970-an, minat pada anjing-anjing telah berkurang, dan jenis itu mungkin telah menghilang. Untungnya, pecinta anjing Italia mengambil langkah untuk melestarikan mereka. Pada tahun 1988, mereka mendirikan Club Italiano Lagotto. Sejak itu, minat pada trah ini telah menyebar ke banyak negara lain, termasuk Australia, Finlandia, Prancis, Jerman, Inggris, Belanda, Swiss, dan Amerika Serikat. Di A.S., Lagotto Romagnolo Club of America mewakili trah. American Kennel Club mulai mendaftarkan breed tersebut dengan Foundation Stock Service pada tahun 2001 dan mengakui Lagotto sebagai anggota Sporting Group pada Juli 2015.

Lagotto Romagnolo Kepribadian dan Temperamen

Anjing yang biasanya penuh kasih sayang ini dikenal cerdas dan lincah. Apakah dia mencari truffle atau hanya bermain untukmu, gaya berburunya sangat bersemangat dan efisien. Dia biasanya menikmati kebersamaan dengan keluarganya dan tetap dekat dengan mereka. Dedikasi itu, dikombinasikan dengan kecerdasannya, cenderung membuatnya sangat mudah dilatih.

Indera pendengaran Lagotto sama tajamnya dengan indera penciumannya. Dia tidak senang hanya untuk menjadi bahagia, tetapi Anda bisa mengharapkan dia membunyikan alarm jika ada orang asing di dekatnya.

Lagotti bisa menjadi pilihan yang baik untuk keluarga. Mereka kokoh, aktif dan biasanya mencintai anak-anak. Lagotti biasanya rukun dengan anjing dan kucing lain, jika mereka dikenalkan pada usia dini dan dibesarkan bersama mereka.

Apakah Lagotto Romagnolo sempurna? Yah, tidak ada anjing. Anjing mana pun, betapapun bagusnya, dapat mengembangkan tingkat menggonggong, menggali, mencuri makanan dan perilaku tidak diinginkan lainnya jika ia bosan, tidak terlatih atau tidak diawasi.

Mulailah melatih anak anjing Lagotto Anda pada hari Anda membawanya pulang. Dia mampu menyerap semua yang Anda bisa ajarkan padanya. Jangan menunggu sampai dia berusia 6 bulan untuk memulai pelatihan, atau Anda akan memiliki anjing yang lebih keras kepala untuk ditangani.

Jika memungkinkan, ajak dia ke kelas taman kanak-kanak pada saat ia berusia 10 hingga 12 minggu, dan bersosialisasi, bersosialisasi, bersosialisasi. Namun, ketahuilah bahwa banyak kelas pelatihan anak anjing memerlukan vaksin tertentu (seperti yang untuk batuk kandang) mutakhir, dan banyak dokter hewan merekomendasikan untuk membatasi paparan pada anjing lain dan tempat-tempat umum sampai rangkaian vaksin anak anjing (termasuk untuk rabies, distemper dan parvovirus) telah selesai. Sebagai pengganti pelatihan formal, Anda dapat mulai melatih anak anjing Anda di rumah dan menyosialisasikannya di antara keluarga dan teman-teman sampai vaksinasi anak anjingnya selesai.

Bicaralah dengan peternak, jelaskan apa yang Anda cari pada seekor anjing dan mintalah bantuan dalam memilih anak anjing. Peternak melihat anak-anak anjing mereka setiap hari dan dapat membuat rekomendasi yang sangat akurat begitu mereka mengetahui sesuatu tentang gaya hidup dan kepribadian Anda.

Lagotto yang sempurna tidak muncul sepenuhnya dari kotak whelping. Dia adalah produk latar belakang dan pembiakannya. Carilah anak anjing yang orang tuanya memiliki kepribadian yang baik dan orang yang telah disosialisasikan dengan baik sejak anak-anak.